Lebah-Pintar : Sejarah Berdirinya Roma

14.42

Roma, mungkin nama ini tidak asing lagi bagi para pecinta sepak bola dunia, dan pecinta seni dunia. Namun apakah kalian tau mengenai asal-usul kota Roma? baiklah kali ini si-Lebah akan menceritakan bagaimana terbentuknya kota Roma, dengan sejarah perawalannya. *see

            Dari segi politik, Kekaisaran Romawi mungkin merupakan sebuah pemerintahan yang paling signifikan dalam sejarah dunia Barat sebelum abad ke-19, dan boleh jadi untuk selamanya. Kekaisaran ini mencakup saentro Eropa Barat, dari suatu wilayah yang kini menjadi Skotlandia sampai Jibraltar. Dari Rheinland, bagian barat Jerman, sampai ke Laut Hitam, Turki dan semua wilayah Afrika Utara. Dari Laut Tengah sampai Gurun Sahara. Memang, setiap pantai yang dilintasi air Laut Tengah merupakan teritori Romawi.
            
            Organisasi politik Romawi, kesusastraan Romawi dan bahkan abjad Romawi, amat sangat mempengaruhi budaya-budaya yang lahir sesudahnya di Eropa maupun Amerika. Dan, pengaruh-pengaruh ini masih dapat dilihat sampai hari ini. Meskipun demikian, sebelum ada sebuah Kekaisaran Romawi, sudah ada Roma, sebuah kota di bagian barat semenanjung Italia. Sudah lama berkembang sebuah legenda yang mengatakan bahwa Roma didirikan pada tahun 753SM, sebuah fakta yang diteguhkan dengan adanya bukti arkeologi.

                Konon menurut legenda, ada dua kakak beradik, Amulius (ä-myoo-‘lē-əs) dan Askanius (  äs-kän ‘-ē-əs), yang menjadi raja  Lavinikum (lə-vĭ ’nĭ-cŭm) (kini, Italia Tengah). Amulius membunuh Askanius termasuk putra-putranya dan ia menuntut haknya untuk naik tahta. Rencana ini berhasil ketika putri Askanius, Rhea Silva, melahirkan dua anak kembar laki-laki. Amulius memerintahkan agar Silva dipenjarakan dan kedua anak kembarnya dibuang ke Sungai Tiber. Walaupun demikian, kedua anak tersebut bertahan hidup dan kemudia mereka disusui oleh seekor serigala betina. seorang penjaga ternak menemukan anak-anak itu dan "menyelamatkan" mereka dari asuhan serigala. Bersama-sama istrinya, ia menamai mereka Romulus dan Remus, dan keduanya diasuh hingga dewasa. Pada, atau sekitar, tahun 753SM, kedua kakak-beradik itu mendirikan sebuah kota abru di Bukit Palatinus, dimana kini berdiri kota Roma. Akan tetapi, mereka sering bertengkar, yang diakhiri dengan tewasnya Remus ditangan Romulus.

                  Kota tersebut, yang sekarang dinamai Roma yang diambil dari nama Romulus, menjadi sangat penting. Romulus menjalankan kebijakan untuk membangun kekaisaran. Caranya, ia merebut tanah-tanah di sekitarnya dengan paksa atau dengan menaklukkannya. Ini merupakan awal dari sebuah kekaisaran yang berlangsung selama seribu tahun.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *